Pendakian Sikunir 2350 mdpl

February 27, 2015

gunung sikunir, yang sudah mainstream di kalangan pencinta alam sering dikategorikan tempat untuk melihat golden sunrise, selain karena treknya yang pendek dan keindahan matahari terbit disana, di kawasan sikunir ini juga terdapat beberapa telaga. sehingga banyak wisatawan yang datang untuk ngecamp ataupun berwisata.
pada pendakian kali ini kami memutuskan untuk ngecamp karena jarak tempuh jogja-dieng cukup lama yaitu sekitar 4-5 jam. tim kami beranggotakan saya, asih,, mbak dita, sidiq, sulis dan topik memulai pendakian pada pukul 10.15 setelah selesai shalat dan lain-lain. jalur mula mula landai dan terdapat obyek wisata danau. kami mulai melangkah, dari sini terlihat gemerlap lampu kota. mungkin karena letak gunung sikunir yang berada di desa sembungan atau desa tertinggi di pulau jawa, jadi waktu pendakian pun tidak lama.kami berjalan menyusuri bukit dan sekitar setengah jam kemudian kami sampai di puncak sikunir yang memiliki ketinggian sekitar 2350 mdpl. puncak ini ditandai dengan bambu yang tersusun berbentuk sebuah bangunan dan ada beberapa batang pohon yang dijadikan bangku. dari puncak ini terlihat jelas gunung sindoro di depan mata. kami pun segera memasak perbekalan mie instan untuk menghangatkan diri.
pada saat itu hanya kami yang berada di puncak dan mendirikan tenda. baru sekitar pukul 24.00 dan jam 03.00 dini hari datang beberapa pendaki yang menginap, sekitar pukul 05.00 wisatawan banyak yang naik ke puncak untuk menyaksikan sunrise.
setelah fajar menyingsing, kami memasak sarapan dan berkemas pulang. perjalanan turun sekitar 15 menit. inilah foto-foto pemandangan dari puncak sikunir yang kami ambil tadi pagi :