Pendakian Gunung Andong

February 15, 2015

Gunung Andong terletak di kabupaten Magelang Jawa Tengah. gunung yang tidak terlalu tinggi ini mempunyai puncak yang berbentuk seperti punuk unta. jalur yang dilalui juga relatif bersahabat untuk pendaki pemula, meskipun konsisten menanjak. untuk sampai di basecamp pendakian gunung andong kita harus menuju desa sawit magelang. di basecamp ini terdapat fasilitas yang cukup lengkap seperti warung, kamar mandi, dan berberapa masjid yang jaraknya tidak jauh.
perjalanan saya mulai tanggal 22 januari 2015 pukul 07.00 dari Yogyakarta. dalam perjalanan sebelum sampai dusun sawit, nampak gunung andong kehijau hijauan gagah berdiri seakan menunggu kami sampai ke puncaknya.
saya dan rombongan yang beranggotakan gettri, erni, dan wahyu sampai di basecamp sekitar pukul 09.00. setelah melakukan registrasi sebesar 3000 rupiah per orang, kami memulai perjalanan. diawali dengan melalui ladang penduduk dan kita akan menemukan gapura pendakian.. rute cukup jelas dan menanjak teratur. medan awal di dominasi tangga yang terbentuk dari tanah dengan anak tangga dibatasi batang bambu. sampai pada beberapa batuan besar. kami mengambil bekal minum dan madu yang kami siapkan untuk menambah energi selama perjalanan. estimasi perjalanan naik sampai puncak diperkirakan 2 jam. kami melanjutkan perjalanan dengan langkah yang teratur, kemudian kami menemukan sebuah pipa dan di bawahnya beralaskan batu batuan. tampaknya ini adalah mata air. kami berhenti untuk membersihkan diri dengan segarnya air dari pegunungan. tidak lama kemudian kami kembali berjalan dan sampai pada rute yang terlihat mengitari bukit dengan jurang di sisi kiri jalan. di tengah perjalanan kami ini, kabut mulai turun. namun kami selalu berharap agar tidak turun hujan sampai kami kembali ke basecamp lagi.
setelah berjalan mengelilingi perbukitan, sampailah kami pada sebuah pertigaan, apabila lurus anda akan menemukan bangunan seperti rumah dan disitulah terdapat makam. kami mengambil jalur yang belok ke kanan, selanjutnya kami sampai pada tanah yang cukup luas yang dipergunakan untuk camping. untuk mencapai puncak andong, kita cukup berjalan lurus dan akan ada tanda disana.
pukul 10.15 kami sampai di puncak andong, taraaaaaaaaa alhamdulillah kami dapat view yang cukup cerah :)) di puncak gunung andong kita bisa melihat gunung ungaran, telomoyo yang sangat dekat dan duo sumbing sindoro serta merbabu merapi. usahakan jangan terlalu siang sampai di puncak karena sekitar jam 11.00 ke atas biasanya puncak andong sudah berkabut.



tidak berlama-lama setelah itu, kami memulai perjalanan turun, pukul 11.15 kami berangkat dan sampai kembali di basecamp pada pukul 11.45. untuk petualangan kali ini terimakasih teman-teman, dan gunung andong yang bersahabat :D

You Might Also Like

1 komentar

Subscribe