Mongkrang Hill 2194 masl

December 25, 2021

Perjalanan baru menjelang akhir tahun, pendakian yang tidak begitu panjang namun cukup untuk merasakan kembali hujan. Ya ditengah-tengah musim hujan harus detail mencari waktu untuk mendaki apalagi saat weekend 😂

Sabtu 25 Desember bertepatan dengan hari Natal, untuk semua yang merayakan selamat Natal yaaah 😍 saya dan tim yang beranggotakan Gettri, Rahmawati, dan Hari berangkat menuju Karanganyar menggunakan kereta. Selanjutnya setelah sampai Solo kami menyewa sepeda motor agar lebih mudah menuju basecamp pendakian Mongkrang. Pukul 05.10 pagi saya sudah standby di stasiun disusul Rahmawati dan Hari. Jam keberangkatan kereta yang tadinya pukul 05.23 harus kami lambaikan tangan karena Gettri terlambat 5 menit WKWK jadilah kami berangkat menuju Solo pada pukul 07.00 pagi. Satu jam kemudian naik kereta tanpa duduk (i love u tungkak) kami sampai di stasiun Solo Balapan. Tidak menunggu lama motor yang kami pesan datang dan kami bersiap-siap berangkat.
Sekitar pukul 09.45 kami sampai di lapangan parkir Tlogodringo, sepanjang jalan kami menggunakan maps dengan kata kunci "wisata bukit mongkrang" sesuai arahan mas-mas basecamp (trims mas) 💃 pendakian pada pagi ini tidak terlalu ramai, mungkin karena cuaca mendung. Selepas memarkir motor kami menuju pos registrasi yang berada sekitar 500 meter dari lapangan tlogodringo. Didekat lapangan terdapat beberapa penjual makanan, jadi kalau lapar makan dulu, kasihan lambungmu 🙏

Tarif pendakian Mongkrang untuk tektok Rp. 10.000 / orang. Di basecamp terdapat fasilitas toilet dan mushola kecil. Pukul 10.20 kami memulai pendakian dengan start 1777mdpl hmm cukup tinggi, jalur awal landai make us happy! Hahaha. Terdapat gerbang selamat datang di wisata mongkrang.

10.20 - 10.40
Berjalan 20 menit hujan turun, wah lama sekali rasanya tidak mendaki gunung saat hujan seperti ini. Kami break cukup lama sambil mengenakan jas hujan. Sekitar pukul 11.10 kami melanjutkan perjalanan dengan cuaca yang masih gerimis, jalur mongkrang ini didominasi landai. Hanya ada beberapa tanjakan saja menjelang puncak nanti.

11.10 - 11.45
Selepas pos 1 terdapat 2 warung yang cukup luas dan menjual berbagai makanan termasuk pentol kuah 🤤 sangat cocok untuk ngemil apalagi saat hujan. Tanjakan sedikit demi sedikit kami lewati, sampai sebelum warung kedua, menengok ke belakang terdapat Gunung Lawu yang dengan gagahnya menyemburkan asap. What a view! Pegunungan lawu sisi selatan juga terlihat sangat indah. Termasuk salah satunya mongkrang yang saat ini kami jelajahi. Tepat sebelum puncak candi, terdapat tanjakan yang lumayan membuat tremor 😂 beberapa saat kemudian kami sampai di puncak candi 1. Ada 2 tenda yang masih berdiri disini. Tempat yang cukup baik untuk camp karena masih terdapat pepohonan yang bisa melindungi dari terpaan angin.

Puncak Candi 1
Kami tidak lama di puncak candi, target selanjutnya menuju puncak mongkrang. Jalan yang ditempuh melalui turunan sebelah kiri dari arah datang. Kami mencoba masuk jalur dan... 😂😂 rumputnya setinggi gajah. Jalan yang hampir tertutup, sebaiknya gunakan pakaian panjang agar tidak tergores rumput gajah ini 🕺 Puncak mongkrang terlihat cukup jauh, kami harus menuruni bukit puncak candi kemudian naik puncak mongkrang. Sepanjang jalan vegetasi rumput gajah sangat rapat. Me vs elephant 🐘. Cukup lama tabah dijalur ini, batas vegetasi mulai terlihat. Perbukitan yang menguning siap menyambut kami. Dengan nafas yang lumayan tergopoh-gopoh kami mendaki satu-persatu tanjakan. Kabut mulai naik kami mempercepat langkah, akhirnya sampai di puncak mongkrang. Disini area cukup terbuka jadi bukan tempat favorit untuk mendirikan tenda. Pada saat itu tidak ada pendaki lain 😂 hanya kelompok kami, sekitar 5 menit di puncak kami segera turun karena view juga tertutup kabut. Bersyukurnya kami karena sepanjang perjalanan turun tidak hujan, bisa auto plosotan WKWK walaupun saya juga sempat jatuh beberapa kali. Menuruni dua tanjakan di puncak saya cukup lega karena jalur berikutnya lumayan manusiawi. Mongkrang ini memang saya rekomendasikan untuk pemula. Tapi cuma sampai puncak candi 1 saja. Kami kembali menyusuri rumput gajah 🐘 sekitar 30 menit kemudian, sampailah kami kembali di puncak candi. Huft. Di puncak candi masih ada tenda berdiri dan beberapa pendaki yang aras-arasen ke puncak mongkrang hahaha i feel u bro 😂

Rumput Gajah
Puncak Mongkrang
11.50 - 12.40
Sekitar pukul 13.30 kami memulai perjalanan turun. Tidak lupa kami mampir membeli pentol kuah yang kami idam-idamkan sejak tadi. Perjalanan turun cukup lancar, kami bertemu beberapa pendaki yang akan camp di puncak candi. Sekitar pukul 14.30 kami sampai kembali di basecamp. Selanjutnya beres-beres dan bersiap pulang ke Jogja. Rasa penasaran terbayar berhasil sampai di mongkrang. Terimakasih pegunungan lawu selatan. Kesini lagi? Nanti mungkin WKWK see u again tabah dan rumput gajah 🌿🐘