Pendakian Gunung Telomoyo

March 31, 2015

Gunung Telomoyo
Gunung Telomoyo, berada bersebelahan dengan gunung Andong. terletak di ketinggian 1894 meter di atas permukaan laut. gunung ini merupakan satu satunya gunung di jawa tengah yang bisa di daki dengan menggunakan kendaraan bermotor bahkan mobil. kali ini aku bersama asih, akan mendaki gunung telomoyo menggunakan motor. tampak tidak biasa bukan? perjalanan kami mulai dengan melewati jalan ketep kemudian sampai di jalan kopeng dan pasar ngablak, kita masih harus lurus dan bertanya pada warga karena tidak ada petunjuk arah gunung telomoyo. pukul 10.00 pagi kami sampai di lereng gunung telomoyo. di jalan masuk ada beberapa orang yang menarik retribusi. sebesar 5000 per kendaraan motor. kami sempat bertanya bagaimana kondisi jalan naik, dan mereka mengatakan bahwa jalannya cukup rusak. wow! belum apa apa sudah rusak hehe. perlahan kami melaju naik gunung telomoyo, asih yang mengemudi di depan dan aku jadi 'tukang candid'. di awal perjalanan kita akan menemui air terjun mini yang cukup datar dan terlihat jelas bebatuannya.

Air terjun mini

kami melanjutkan perjalanan dengan hati hati, karena memang kondisi jalan 3/4 rusak. meskipun tidak terlalu menanjak dan di samping kanan kiri terdapat batas sehingga tidak langsung menuju jurang. terkadang aku harus turun saat jalanan tidak memungkinkan, sampai kasihan rasanya melihat motor asih yang udah ngebul pasti capek banget ya hehe. kami sempat bertemu rombongan bapak bapak menggunakan mobil, kelihatannya sih mereka melakukan perbaikan jalan, wih berhati mulia deh. menurut informasi kami sebaiknya sampai di puncak sebelum pukul 11.00 karena selepas pukul 11.00 kabut sudah menyelimuti puncak gunung telomoyo sehingga gunung lain di sekitarnya tidak tampak. namun karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan dan perjalanan yang ditempuh sejauh 7 kilometer jadilah kami sampai puncak pukul 11.00. dan benar saja kabut sudah tebal menyerupai tembok berwarna keabu abuan.
di puncak gunung telomoyo terdapat beberapa menara pemancar sehingga kita hanya bisa berada di pinggir saja, ya iya kan dilarang masuk :D

Puncak Telomoyo
kabut terus menyelimuti puncak gunung sampai sekitar pukul 12.00. setelah selesai beristirahat kami memutuskan untuk turun.
di tengah perjalanan selepas kabut aku sempat mengambil foto gunung andong dan pemukiman penduduk yang seperti ini :

Perjalanan Turun
di sepanjang perjalanan turun banyak terdapat bunga daisy yang berwarna warni menyemarakkan jalan turun kami. sekitar 40 menit kemudian kami sampai di bawah, dan melanjutkan perjalanan mencari makan siang. itulah sedikit cerita dari gunung telomoyo, sampai jumpa di cerita berikutnya :D